Introduction 1
Modul Ajar Bahasa Inggris – Introduction (Pertemuan 1)
A. Informasi Umum
Judul Modul: Greetings and Self-Introduction
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Topik: Introduction
Fase: E
Kelas: X
Nama Sekolah: SMK Negeri 1 Sepuluh
Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu menyapa dan memperkenalkan diri secara lisan dan tertulis dalam konteks sosial sederhana.
Model Pembelajaran: Problem Based Learning
<
Modul Ajar Bahasa Inggris – Introduction (Pertemuan 1)
A. Informasi Umum
Judul Modul: Getting to Know You – Part 1
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Topik: Introduction
Fase: E
Kelas: X
Nama Sekolah: SMK Negeri 1 Sepuluh
Capaian Pembelajaran: Siswa mampu memperkenalkan diri secara lisan dan tertulis dengan menyebutkan informasi dasar seperti nama, asal, usia, hobi, dan sekolah.
Model Pembelajaran: Problem Based Learning
Metode Pembelajaran: Simulasi, Tanya jawab, Diskusi
B. Deskripsi Umum
Pada pertemuan ini, siswa diperkenalkan pada ekspresi dasar dalam memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Kegiatan meliputi mendengarkan dialog, mendiskusikan maknanya, dan mempraktikkan perkenalan diri secara sederhana.
C. Kompetensi Awal
- Memahami kosakata dasar tentang identitas pribadi.
- Mengetahui penggunaan kalimat sederhana dalam memperkenalkan diri.
D. Profil Pelajar Pancasila
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
- Mandiri
- Komunikatif
E. Sarana & Prasarana
- LCD/Proyektor
- Speaker audio
- Lembar kerja siswa
F. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan data diri secara lisan.
- Siswa dapat menulis kalimat perkenalan diri dengan benar.
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Apersepsi (15 menit)
- Guru menyapa siswa dengan ekspresi sapaan dalam Bahasa Inggris seperti "Good morning", "How are you?"
- Guru menampilkan video pendek (1 menit) tentang dialog perkenalan. https://youtu.be/yJ5Rn9V0pXY?si=ykvqe5JrTZO-pJpm
- Diskusi singkat tentang isi video dan pertanyaan seperti: “What did you hear?”, “Who introduced themselves?”
2. Kegiatan Inti (60 menit)
- Pemaparan Materi:
- Guru menjelaskan struktur dasar perkenalan: “Hi, my name is…”, “I am from…”, “I am … years old”, “I study at…”
- Contoh kalimat:
- Hi, my name is Lita. I’m 16 years old. I’m from Sidoarjo. I study at SMK Negeri 1 Sepuluh.
- Hello, I’m Andi. I like reading books and playing football.
- Let me introduce myself. I’m Sari. I come from Lamongan. My hobby is painting.
- Greeting: Hello! / Hi! / Good morning!
- Name: My name is... / I’m...
- Age: I’m ... years old.
- Origin: I’m from... / I come from...
- School: I study at SMK Negeri 1 Sepuluh.
- Hobbies: My hobby is... / I like... / I enjoy...
- Family: I have two brothers and one sister.
- Dreams: I want to be a chef. / My dream is to become a technician.
- Closing: Nice to meet you! / That’s all about me.
- I’m → /aɪm/
- study → /ˈstʌdi/
- from → /frɒm/ or /frəm/
- hobby → /ˈhɒbi/
Self-Introduction
1. Basic Structure
Perkenalan diri dapat mencakup beberapa bagian berikut:
2. Examples
Simple:
Hello, my name is Lita.
I’m 16 years old.
I’m from Sidoarjo.
I study at SMK Negeri 1 Sepuluh.
My hobby is painting.Detailed:
Hi everyone, let me introduce myself.
My name is Andi. I’m 15 years old and I come from Bangkalan.
I study at SMK Negeri 1 Sepuluh, majoring in Hotel Accommodation.
I like reading books and playing football.
I live with my parents and two sisters.
I want to be a tour guide someday.
Nice to meet you all!3. Vocabulary Bank
English Indonesian introduce memperkenalkan hobby hobi hometown kota asal dream cita-cita study belajar like / enjoy suka 4. Useful Expressions
Expression Meaning Let me introduce myself. Izinkan saya memperkenalkan diri. I’m glad to be here. Saya senang berada di sini. I’m looking forward to learning more. Saya ingin belajar lebih banyak. That’s interesting! Itu menarik! 5. Pronunciation Tips
- Praktik Berpasangan:
- Siswa berlatih memperkenalkan diri dengan pasangan menggunakan panduan yang diberikan.
- Guru mengamati dan memberikan koreksi langsung jika ada kesalahan pengucapan atau struktur.
- Diskusi Kelas:
- Beberapa siswa dipanggil untuk memperkenalkan diri di depan kelas.
- Siswa lain memberi tanggapan menggunakan ekspresi seperti: “Nice to meet you”, “That’s interesting!”
3. Penutup & Refleksi (15 menit)
- Guru memberikan kesimpulan tentang materi hari ini.
- Siswa menuliskan satu kalimat refleksi dalam bahasa Inggris tentang bagaimana perasaannya belajar perkenalan diri.
H. Mini Quiz (5 Soal Pilihan Ganda)
- What does “Nice to meet you” mean?
a. Sampai jumpa
b. Senang bertemu denganmu.
c. Terima kasih
d. Selamat tinggal - Which sentence is correct?
a. I name Andi
b. My name is Andi.
c. Name I’m Andi
d. Andi is name me - How do you say “Saya dari Surabaya” in English?
a. I at Surabaya
b. I live Surabaya
c. I from Surabaya
d. I am from Surabaya. - Which is an example of a greeting?
a. Good morning.
b. My hobby is reading
c. I’m 16 years old
d. I study at SMK - What should you say after someone says “Hi, I’m Lita”?
a. Thank you
b. I’m fine
c. Nice to meet you.
d. Good bye
I. Assessment Formatif
Soal Pilihan Ganda
- What is the correct response to “Hello”?
a. Bye
b. Welcome
c. Hi.
d. Thanks - “I’m from Lamongan” means…
a. Saya tinggal di Lamongan
b. Saya berasal dari Lamongan.
c. Saya ke Lamongan
d. Saya suka Lamongan - “My hobby is swimming” means…
a. Saya hobi berenang.
b. Saya suka membaca
c. Saya tidak suka berenang
d. Saya tidak bisa berenang
5 Soal Uraian
- Buat 3 kalimat untuk memperkenalkan dirimu dalam Bahasa Inggris!
- Sebutkan 2 ekspresi sapaan dalam Bahasa Inggris.
- Apa arti dari kalimat “I study at SMK Negeri 1 Sepuluh”?
- Apa pentingnya memperkenalkan diri dalam komunikasi?
- Jelaskan perbedaan “I am from” dan “I live in”.
J. Tugas untuk Pertemuan Berikutnya
Tulislah paragraf pendek (4-5 kalimat) tentang dirimu dalam Bahasa Inggris dan siapkan untuk dibacakan di pertemuan berikutnya.
LINK LKPD : INTRODUCTION 1
Post a Comment for "Introduction 1"